Beranda

Sunday 21 February 2016

Sertifikasi Durian Musangking Oleh Diaspora

Akhir-akhir ini lagi rame mengenai adanya "Sertifikasi Durian Musangking Oleh Diaspora" dan mengklaim bahwa durian dari Malaysia tersebut berasal dari Kalimantan (Borneo) sehingga dengan adanya Sertifikasi tersebut menyatakan bahwa Musangking berasal dari Indonesia.



Nampaknya pemerintah (dinas terkait) sudah kehabisan akal karena capek memikirkan bagaimana caranya memunculkan durian unggulan yang benar-benar berkualitas dari Indonesia sehingga biar tidak report-repot maka durian yang ada dipasaran diklaim menjadi milik Indonesia. Dulu ada Monthong yang di "naturalisasi" menjadi OTONG, ada juga Channe di stempel menjadi "Kromo Banyumas", sekarang Musangking.

rasanya kurang etis ya kita (bangsa Indonesia) kok dengan mudahnya meklaim gitu aja, mungkin dengan dalih tujuannya agar harga bibit murah dan terjamin sampai di tingkat petani ya masih bisa diterima, tapi kalau tujuannya lebih komersil demi kepentingan segelintir orang ya harus diwaspadai...

namun apapun itu durian Musangking sangatlah disarankan untuk para petani di Indonesia karena selain rasanya mantap durian ini sangat produktif dan harganya masih tinggi.

salam petani sukses...!!!!

No comments:

Post a Comment